Kebiasaan yang Dapat merusak Kinerja Otak

7:34 am

Kalau kita cermati secara detail organ tubuh mana yang berkerja paling keras setiap hari tentu kita akan dapati bahwa otaklah yang berkerja paling keras setiap harinya, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali otak selalu berkerja. Bukan hanya sebagai organ tubuh yang paling sibuk, otak pun organ yang sangat vital bagi manusia, sedikit saja kerusakan pada otak akan berakibat fatal pada kondisi tubuh kita. Maka dari itu seharusnya kita jaga baik-baik otak kita ini. Tapi ternyata sehari-harinya tanpa disadari kita selalu melakukan satu perbuatan atau lebih dari kebiasaan yang dapat mengurangi bahkan sampai merusak fungsi otak. Berikut kebiasaan-kebiasaan yang dapat membahayakan otak.

1. Menutup kepala Ketika Tidur


Pertama anda membaca pasti kaget karena hal ini sering dilakukan setiap hendak tidur, hayo siapa yang masih nutupin kepala pake bantal atau sejenisnya ketika tidur ? saya sarankan untuk cepat-cepat meninggalkan kebiasaan ini, jika hal ini dilakukan akan meningkatkan zat karbondioksida yang akan berakibat pada rusaknya otak kita. Saya kasih saran lebih baik matikan lampu jika hendak tidur jadi tidak perlu nutupin kepala pakai bantal atau sejenisnya lagi, hal ini justru akan berdampak baik pada tubuh kita karena tidur dalam kondisi gelap akan membuat badan fresh ketika bangun.

2. Tidak Pernah Sarapan

Hal satu ini sangat menjamur dikalangan mahasiswa apalagi mahasiswa yang masih single alias belum menikah, banyak faktor yang membuat seseorang tidak pernah sarapan diantaranya telat bangun tidur, memiliki aktifitas yang padat dan hal lainnya. Padahal sarapan itu sangat penting bagi tubuh, dengan kita mengawali aktifitas kita dengan sarapan makanan yang sehat tentu saat melanjutkan aktifitas lainnya kita akan lebih konsen ditambah lagi jika kita rutin sarapan pagi kadar gula kita akan normal dan berdampak positif pada otak kita, namun jika sebaliknya maka otak kita akan kekurangan nutrisi.

3. Terlalu Banyak Makan


Posri makan yang berlebih dapat mengeraskan pembuluh darah karena penimbunan lemak di dalam pembuluh darah. Hal ini tentu berdampak negatif pada otak, dengan mengerasnya pembuluh darah maka suplai darah keotak akan berkurang dan mengakibatkan turunnya kinerja otak atau bahasa yang lagi tren lola alias loading lama.

4. Konsumsi Gula Berlebih


Sebenarnya gula baik untuk tubun namun jika dikonsumsi berlebihan maka akan berdampak buruk untuk tubuh. Kebanyakan konsumsi gula akan mengakibatkan terganggunya penyerapan nutrisi dan protein bagi organ tubuh hal ini juga pastinya akan mengganggu kinerja otak kita.

5. Menghirup Polusi Udara


Otak sebagai organ tubuh yang paling banyak mengkonsumsi oksigen, tentunya akan menjadi organ tubuh yang pertama mendapatkan gangguan jika kita sering menghirup polusi udara. Karena otak akan kekurangan suplai oksigen dan berdapkan pada efisiensi otak yang menurun.

6. Kurang Tidur


Otak sebagai organ tubuh yang paling sibuk tentunya butuh waktu istirahat yang cukup. Kapan otak beristirahat? Ketika seseorang tidurlah baru otak istirahat. Minimal waktu istirahat otak adalah 6-8 jam perharinya. Jika otak kekurangan waktu untuk beristirahat yang sangat lama maka akan sangat berbahaya bahkan dapat merusak sel-sel otak.


Ternyata menjaga kesehatan otak itu mudah, anda cukup meninggalkan kebiasaan buruk diatas otak anda akan terjaga dan sehat selalu. Semoga info ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
9 February 2017 at 16:58 delete

waahh perlu dihindari berarti ya kebiasaan di atas, hal yang cukup sulit sepertinya

Reply
avatar
IBX584537A9B2F08