Mother's Day Is Everyday

7:13 am


Selamat hari ibu, kalimat seperti itulah yang saya lihat di berbagai media sosial hari ini. Tebesit difikiran saya apakah bagi mereka menganngap cuma hari ini hari ibu atau hanya ingin mengkuti kebiasaan belaka yang katanya tanggal 22 Desember itu hari ibu, bagi saya sendiri hari ibu itu setiap hari bukan setahun sekali.

Jika kita ingat-ingat kembali apa saja yang telah ibu kita lakukan sejak kita di dalam kandungan hingga saat ini? Apakah kita bisa membayar semua yang telah dilakukan ibu dari kita di kandungan hingga sekarang? Tentu banyak hal yang sudah dilakukan oleh ibu kita. Pernah sekilas saya berfikir apakah kelak istri saya bisa seperti ibu? Menurut saya sendiri menjadi ibu yang baik itu harus menguasai berbagai macam ilmu. Bahkan ada gelar yang diberikan kepada seorang ibu secara otomatis karena memang soerang ibu yang baik harus menguasai semua bidang ilmu, gelarnya adalah M.Si bukan master sosiologi islam yaa tapi Master Segala Ilmu. Mengapa disebut M.Si? karena memang banyak ilmu yang harus dikuasai seorang ibu, diantaranya:

1. ilmu akutansi

Menjadi seorang ibu di sebuah rumah bisa diibaratkan seperti bendahara di sebuah perusahaan, sudah jadi barang pasti seorang ibu akan mengelola rotasi keluar masuknya uang dalam segalah bidang kebutuhan rumah tangga, jika tidak bisa maka akan berakibat sangat fatal bagi keuangan keluarga.

2. ilmu keguruan

Ibu adalah sekolahan pertama bagi seorang anak, dari anak masih di kandungan seorang ibu sudah mulai mengajari anaknya dengan perilakunya, setelah anak itu lahir dan tumbuh maka seorang ibu harus mengajarinya banyak hal kepadanya.

3. ilmu agama

Hal ini yang sangat perlu dikuasai seorang ibu, seorang ibu harus menanamkan sejak dini tentang agama kepada sang anak mulai dari akhlak, ibadah dan segala macamnya. Itulah kenapa seorang pemikir islam mengatakan ibu adalah sekolah pertama.

Mungkin selengkapnya akan saya jelaskan di kesempatan lan.

Bahkan jauh-jauh hari Nabi Muhammad pernah mengatakan ketika ditanya oleh seorang sahabatnya. Wahai rasulullah siapakah orang yang harus aku hormati di dunia ini? Rasul menjawab “ibumu” sabahat tersebut bertanya kembali “lalu siapa?” Rasul menjawab “ibumu” “lalu siapa” tanya sahabat lagi Rasul menjawab “ibumu” laki-laki itu bertanya lagi “kemudian lagi siapa wahai rasulullah” jawab Rasul “ibumu” lalu sahabat tersebut bertanya hal serupa, kemudia Rasul menjawab “bapakmu”.


Betapa mulianya seorang ibu disebutkan tiga kali oleh Rasul baru bapak. Begitu banyak jasa ibu kepada kita semua, mulai dari mengandung, melahirkan, mengasuh, mendidik dan menasehati. Jadi intinya hari ibu itu setiap hari, tanggal 22 Desember hanya even tahunan yang disepakati oleh dunia. Jangan pernah lupa dengan apapun yang telah diberikan oleh ibu kita. Hormatilah ia sepanjang waktu!!. Semoga info ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
9 February 2017 at 16:53 delete

ya, benar sekali hari ibu buat saya juga setiap hari bukan hanya sekali setahun

Reply
avatar
9 February 2017 at 16:53 delete

ya, benar sekali hari ibu buat saya juga setiap hari bukan hanya sekali setahun

Reply
avatar
IBX584537A9B2F08