Bekal Menghadapi Persalinan Agar Calon Ibu Tenang

6:44 pm
http://bidanku.com/images/persalinan/persiapan-menjelang-persalinan.JPG


Saat usia kandungan sudah menginjak bulan akhir masa kehamilan maka sang ibu hamil akan semakin sibuk mempersiapakan segala sesuatunya demi kahadiran sang buah hati, mulai dari mempersiapkan fisiknya, mentalnya menghadapi persalinan hingga menyiapkan segala perlengkapan untuk sang buah hati yang telah lama dinanti kehadirannya. Semua itu dilakukan demi sang buah hati yang dinanti-nanti dan demi sang ibu yang memasuki masa akhir kehamilan. Sudah sejauh manakah persiapan yang sudah ibu-ibu hamil lakukan?

Persiapan merupakan hal normal yang memang harus dijalani oleh seorang wanita hamil, meskipun demikian bukan berarti tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum proses persalinan. Justru demi kelancaran dan keselamatan sang ibu dan anak dalam proses persalinan dibutuhkan banyak perisapan khusus.

Persiapan sebelum melahirkan normalnya dilakukan saat usia kandungan mulai menginjak trimester ketiga, hali ini berguna supaya persiapan melahirkan yang matang. Karena dengan persiapan yang matang akan mengurangi tingkat kecemasan ibu hamil yang hendak melahirkan. Namun yang jadi masalah terkadang ibu hamil bingung apa saja yang perlu disiapkan selain fisik dan mental. Nah disinilah saya akan menjawab kebingungan ibu-ibu tentang apa saja yang harus disiapkan oleh ibu hamil sebelum melahirkan. Berikut ini ada beberapa informasi dari saya yang penting untuk dibaca bagi ibu hamil.

1. Pemilihan Tempat dan Cara Melahirkan

Pemilihan tempat dan metode melahirkan merupakan persiapan yang sangat penting dan ahrus difikirkan sejak lama sebelum masa persalinan. Pemilihan tempat dan metode melahirkan bertujuan untuk mendukung pertolongan pertama jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat untuk melahirkan. Pertama adalah jarak tempuh lokasi persalinan dengan rumah anda, selain itu anda juga harus memeperhatikan akses jalan serta kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut. Kedua adalah pelajari prosedur persalinan di lokasi yang telah anda tentukan, apa saja persyaratannya, berapa biayanya, bagaimana ruang bersalinnya, berapa nomer telfonnya dan lain-lain. Dan ketiga adalah fasilitas yang tersedia apakah sudah lengkap ataukah belum untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Selain tempat persalinan, memilih cara melahirkan juga sangatlah penting, untuk memastikannya konsultasikan pada dokter kandungan anda tentang informasi metode persalinan dan apa keuntungan serta kekurangannya, serta rutinlah periksakan kehamilan anda untuk melihat kondisi janin yang ada  di perut anda, untuk mengetahui apakah bias melahirkan secara normal ataukah dengan cara lain.

2. Alat Transportasi

Menyiapkan alat transportasi apa saja yang akan digunakan juga merupakan hal penting dari persiapan melahirkan, karena tidak jarang juga transportasilah yang menjadi kendala dalam pertolongan pada persalinan yang dapat berakibat fatal pada ibu dan calon buah hati.

Jika anda memiliki mobil pribadi maka rutinlah mengecek keadaan mobil anda, sehingga saaat tiba waktu bersalin mobil anda tidak bias digunakan dan mengakibatkan ibu dan anak tidak tertolong. Namun jika anda tidak punya mobil sendiri maka bias gunakan alternative lain seperti menyewa mobil atau bisa juga menggunakan mobil desa atau apapun yang siap sedia jika dibutuhkan.

3. Peralatan Persalinan Ibu dan Bayi

Peralatan yang perlu disiapkan untuk persalinan dibagi menajdi dua, pertama persiapan untuk ibu: kain untuk melahirkan minimal 2 buah, gurita ibu tali minimal 2 buah, pembalut minimal 1 paks, selimut, bra untuk menyusui 2 buah, celana dalam 2 buah, baju berkancing depan, baju untuk pulang, minyak angin dan alat mandi. Sedangkan persiapan untuk jabang bayi: pakaian bayi, sarung tangan, sarung kaki dan penutup kepala  bayi, popok kain, kain biasa, selimut bayi, bedak dan minyak telon.

4. Kantong Darah

Menyiapkan kantong darah juga sangat diperlukan untuk mengantisipasi kekurangan darah ketika persalinan. Jadi tidak ada salahnya jika sebelum melahirkan mempersiapkan kantong darah untuk sang ibu melahirkan, namun jangan lupa golongan darahnya harus sama dengan golongan darah ibu melahirkan. Anda dapat memperoleh darah di rumah sakit atau juga bisa didapatkan di PMI setempat.

Sekian informasi dari saya tentang persiapan sebelum melahirkan, silahkan ibu-ibu dan keluarga mencoba persiapan di atas, insyaAllah selamat. Aamiiin. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
IBX584537A9B2F08