Cara Mencegah Terjangkit Virus Ransomware Petya

12:57 AM

Sejumlah negara di Eropa akhir-akhir ini sedang kualahan menghadapi serangan global dari virus ransomware petya. Hampir sama dengan virus ransomware wannacry yang membajak data dan meminta tebusan, namun virus ini lebih berbahaya karena virus ini langsung menyerang system dan membajak komputer ataupun laptop.

Ransomware petya memang berbeda dengan virus ransomware lainnya, petya tidak menyerang data ataupun system yang ditargetkan satu persatu. Tapi serangan dari virus petya ini justru lebih berbahaya karena jika virus petya menjangkit laptop Anda makan akan otomatis mem-boot system dan embajak PC Anda, serta mengenkripsi tabel file master hard drive yang berdampak padamaster boot record yang tak dapat dioperasikan, membatasi akses ke sistem penuh dengan menyita informasi tantang nama, ukuran dan lokasi file pada disk fisik.

Tentu akan sangat berbahaya jika virus ini telah masuk di PC Anda, karena virus ini dapat menggantikan master boot record dengan kode berbahaya yang berujung dengan pesan meminta tebusan dan membuat PC Anda tidak bisa melakukan booting.

Untuk mencegah masuknya virus ini ke PC Anda ada beberapa langkah yang dirilis dari lembaga sandi negara (Lemsaneg) untuk mencegah masuknya virus ini ke PC Anda.

  1. Masuknya virus petya berkamuflase seperti halnya checking disk CHKDSK, namun sebenarnya saat itulah virus petya masuk mengenkripsi hard drive Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah ambillah file-file penting dari PC kemudian langsung matikan PC Anda.
  2. Virus petya memanfaatkan kelemahan Microsoft SMBv1 sama halnya virus wannacry. Jadi yang harus Anda lakukan adalah meng-install patch MS17-010 atau Anda juga bisa menonaktifkan SMBv1. Tentu Anda tetap bisa mengunakan fungsi SMB pada microsoft dengan SMBv2 atau SMBv3.
  3. Segeralah update signature antivirus atau antimalware Anda. Karena dikabarkan bahwa ada beberapa produk antivirus sudah bisa mendeteksi virus petya.
  4. Demi keamanan administrator system pada jaringan network Anda. Pastikan  bahwa intrusion prevention system (IPS) telah ter-update dengan signature paling baru dan segera lakukan monitoring pada port service 139/445 di firewall Anda. Lakukan pencegahan dengan mematikan service tersebut apabila terdeteksi ada aktivitas mencurigakan.
  5. Gunakan syste restore untuk mengembalikan PC Anda jika memang ternyata sudah terjangkit virus petya.

Saat ini belum ada cara untuk mengatasi virus petya ini jika sudah masuk ke system komputer Anda. Cara terburuknya adalah menginstall ulang komputer Anda, dengan asumsi bahwa file penting Anda sudah aman. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya. Selalu hati-hati dan waspada dengan aktifitas yang ada di komputer Anda sekalian.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
IBX584537A9B2F08