Ibu hamil harus tau! Tanda-tanda kehamilan yang sehat

7:00 am

Pasangan suami istri tentu sangat bahagia jika mendapatkan kabar bahwa istrinya positif hamil, terlebih lagi bagi para pasangan yang belum lama melangsungkan pernikahan namun sudah Tuhan beri titipan di rahim sang istri. Sang istri harus menjaga baik-baik janin yang dititipkan di rahimnya supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, kondisi sang calon ibu dan janin harus selalu dalam keadaan sehat dan terjaga. Supaya mendapatkan kehamilan yang sehat ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar bergizi serta sangat dianjurkan oleh dokter ketika hamil Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman instan karena akan berdampak buruk bagi ibu dan calon bayi.

Ibu hamil tentu sudah tahu makanan apa saja yang baik dan buruk bagi kesehatannya dan juga janinnya. Jadi saya sangat menganjurkan beberapa makanan yang bagus untuk ibu hamil diantaranya adalahsayuran hijau, buah-buahan, susu tak berlemak dan sereal, konsumsilah secara rutin 4 jenis makanan tersebut di masa kehamilan Anda supaya ibu hamil tetap dalam keadaan sehat.

Namun, apakah ibu hamil tahu mengenai tanda kehamilan yang sehat? Ada beberapa tanda kehamilan yang perlu ibu ketahui untuk memastikan apakah kondisi janin dan ibunya dalam keadaan sehat dan normal. Tentunya jika ibu hamil sudah mengetahui tandanya tentu dengan mudah akan menilai sendiri, dengan begitu kesehatan kehamilan bisa terus terjaga hingga proses persalinan tiba. Karena itulah sangat penting diketahui oleh ibu hamil tanda-tanda kehamilan yang sehat. Mari simak selengkapnya.

1. Berat Badan Naik

Tanda pertama yang tak akan bisa dihindari oleh ibu hamil adalah naiknya berat badan, kenaikan berat badan bagi ibu hamil akan terjadi secara bertahap. Biasanya berat badan ibu hamil akan naik hingga mencapai 12 sampai 15 kg selama masa kehamilan. Jika ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan tandanya ada yang bermasalah dengan kehamilannya dan segeralah menemui dokter kandungan Anda, tanyakan kepadanya mengapa berat badan Anda tidak naik apakah masih dalam keadaan normal ataukah ada sesuatu yang terjadi dalam rahim Anda.

2. Tekanan Darah Stabil

Tekanan darah ibu hamil yang masih dalam batas normal pertanda bahwa kehamilannya dalam keadaan sehat-sehat saja. Tapi jikatekanan darah ibu hamil meninggi maka harus waspada karena dapat menyebabkan banyak komplikasi pada kehamilan dan pada saat persalinan.

3. Kadar Gula Darah Normal

Pada masa kehamilan produksi insulin akan meningkat yang berakibat pada pengaturan gula darah yang memburuk. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, gula darah meningkat pertanda bahwa kondisi ibu hamil tidak dalam keadaan sehat. Kondisi semacam ini disebut diabetes kehamilan yang berdampak pada sulitnya saat proses persalinan tiba. Maka dari itu bagi ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengecek kadar gula garahnya supaya dapat terdeteksi apakah masih dalam batas normal atau sebaliknya.

4. Payudara Mengencang

Ada satu hal lagi yang tak dapat dihindari oleh ibu hamil adalah mengencangnya payudara Anda. Saat masa kehamilan payudara akan menjadi semakin kencang dan padat. Tendanya bahwa payudara Anda mulai memproduksi ASI untuk buah hati Anda. Hal ini menandakan bahwa kehamilan Anda benar-benar baik dan berjalan lancar. Namun jika payudara Anda tidak mengencang tak perlu risau karena ada sebagian ibu hamil yang tidak mengalami hal ini tapi tetap saja payudara akan memproduksi ASI.

5. Gerakan Janin

Gerakan janin biasanya terjadi pada umur kehamilan memasuki bulan keempat dan kelima. Jika mulai terasa ada gerakan di perut Anda pertanda bahwa bayi Anda dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja maka nikmatikah setiap gerakannya, walaupun ada yang merasa terganggu dengan gerakan-gerakan bayi dalam rahim. Tapi jika bayi yang masih di dalam rahim bergerak dalam jangka waktu yang lama maka segera konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda.

6. Rahim dan Plasenta

Tanda kehamilan yang baik dan sehat adalah kondisi rahim dan plasenta yang baik. Dalam kandungan sang ibu, janin dilindungi oleh plasenta yang melekat di dinding rahim. Oleh karena itu jika Anda merasakan ada masalah dalam rahim Anda maka segera priksa ke dokter kepercayaan Anda sebelum merencanakan kehamilan.

7. Perubahan Hormon

Saat hamil, ibu hamil tak hanya mengalami perubahan fisik namun emosional sang ibu hamil pun ikut berubah. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon dalam tubuh. Baik hormon progesteron maupun hormon esteron keduanya akan meningkat.

Nah itulah tanda-tanda kehamilan yang sehat, jadi bagi ibu hamil jika ada hal yang tidak beres ataupun janggal dalam tubuh sebaiknya segera diperiksakan kepada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. jangan lupa share ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
IBX584537A9B2F08