Budget Liburan ke Jepang, Berapa Biaya yang Dibutuhkan?

8:20 am
Pemandangan Gunung Fuji
Sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang melirik Negara Jepang sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Umumnya mereka memilih ke Hongkong dan China sebagai tempat wisatanya. Cara belum hapal dengan seluk beluk negara Jepang, biasanya wisatawan memilih jasa Group Tour yang banyak dipasarkan melalui agen travel di Indonesia. Tujuannya agar lebih mudah dan aman saat akan berada di sana. Akan tetapi ada sebagian wisatawan Indonesia yang memilih berlibur ke Jepang sendiri tanpa menggunakan jasa tour guide.

Berbeda dengan penggunaan jasa tour guide, wisatawan tinggal membayar agen travel, mereka akan memandu liburan anda, menyiapkan segala fasilitas mulai dari tiket keberangkatan, penginapan, masalah makan, hingga tempat wisata, sampai tiket kembali ke Indonesia. Jadi anda terima bersih. Akan tetapi, budget yang harus dikeluarkan tentu akan lebih besar jika dibandingkan dengan berlibur ke Jepang tanpa menggunakan jasa tour guide.

Nah, bagi anda yang merencanakan untuk liburan ke Jepang tanpa menggunakan jasa tour guide, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperhitungkan budget yang harus dipersiapkan. Memang benar, gaya hidup setiap orang berbeda. Pada artikel kali, kita akan membahas tentang budget liburan ke Jepang secara umum:

1. Tiket pesawat

Harga tiket pesawat jurusan Jakarta-Tokyo Haneda (Jepang)  berbeda-beda untuk tiap maskapai. Harga rata-rata sekitar Rp. 5.600.000,- untuk sekali jalan. Harga ini bisa berubah menjadi lebih murah saat ada promo hingga mencapai Rp. 3.200.000,- Namun, harga juga bisa menjadi lebih tinggi hingga Rp. 6.000.000,-

2. Penginapan 

Tarif hotel penginapan di Jepang untuk kamar berukuran kecil (single bed) sekitar Rp. 500.000 tiap malam. Jika anda berlibur sekitar 6 hari bisa dikalkulasikan menjadi Rp. 3.000.000,-/orang.

3. Transportasi

Untuk tarif transportasi seperti kereta subway yang akan membawa anda menuju tempat wisata berbeda-beda. Misalnya jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lokal, maka biaya transportasi sekitar Rp. 150.000,- Jika anda ingin mengunjungi 3 tempat maka total menjadi Rp. 450.000,-

Untuk biaya transportasi wisata ke luar daerah pulang pergi yaitu sekitar Rp. 1.500.000,- dan jika anda mngunjungi 3 tempat maka total sekitar Rp. 4.500.000,-

4. Makan

Biaya makan sekali makan rata-rata di Jepang adalah sekitar Rp. 50.000 Jika sehari 3x makan maka total biaya selama 6 hari makan sekitar Rp. 900.000,- Untuk tarif minum, restoran Jepang biasa memberikan minuman gratis untuk setiap tamu.

5. Tempat wisata

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di negara Tokyo. Ada tempat wisata yang gratis seperti tempat perbelanjaan yang bernama Harajuku dan Akihabara. Ada pula tempat wisata yang cukup mahal misalnya tiket naik Tokyo Tower atau Sky Tree dan naik Gondola/Cable Car yang tidak kita hitung.

Itulah tadi perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Negara Jepang. Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh, anda bisa memperkirakan budget yang harus dipersiapkan lebih dari perhitungan yang telah kita rincikan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
IBX584537A9B2F08