5 Hal Seru yang Bisa Anda Lakukan di Kampung Warna-warni Jodipan Malang

11:56 pm
Dalam satu tahun terakhir, Kampung Jodipan di Kota Malang menjadi sorotan media karena menghadirkan wisata yang unik. Kampung yang awalnya tidak tertata rapi dan terkesan kumuh ini mendadak jadi indah dan dikunjungi oleh ribuan turis setiap harinya.

Jodipan bertransformasi menjadi kampung wisata yang menarik perlahan-lahan. Warga setempat, pemerintah Kota Malang, serta penggagas saling bahu-membahu untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman, nyaman, serta memberikan kesan yang mendalam.

Kalau Anda berniat datang ke Malang, inilah hal seru yang bisa dilakukan di Kampung Warna-warni Jodipan.

 

1. Menikmati Kampung dari Atas

Menikmati Kampung dari Atas - cdn2.tstatic.net
Kampung Jodipan mudah sekali dijangkau dari berbagai kota di sekitar Malang. Kalau Anda berasal dari Surabaya atau kota di bagian barat Jawa Timur gunakan kereta untuk datang ke sini. Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka dengan cara klik langsung link ini: https://www.traveloka.com/kereta-api untuk melihat jadwal yang pas agar bisa sampai di Malang pagi hari.

Oh ya, Stasiun kereta cuma berjarak 500 meter dari kampung wisata Jodipan sehingga Anda hanya perlu berjalan kaki 15-20 menit untuk sampai di sini.

Setelah berjalan selama beberapa menit, Anda akan sampai di jembatan besar yang berdiri di atas salah satu cabang Sungai Brantas. Dari atas sini, Anda bisa menyaksikan permukiman yang dibagi menjadi dua oleh sungai. Bagian kanan adalah kampung warna-warni Jodipan yang merupakan proyek awal wisata. Selanjutnya di sebelah kiri ada kampung Tridi (3D) yang masih jadi satu dengan Jodipan.

Dari atas jembatan, Anda bisa mengambil foto selfie dengan latar belakang kampung yang warna-warni.Genting yang dicat warna-warni terlihat membentuk pola dari atas sehingga menarik untuk foto aerial. Selanjutnya, Anda juga bisa menunggu kereta api lewat di atas kampung untuk mendapatkan gambar yang unik.

2. Menikmati Rumah Penduduk yang Penuh Warna

Menikmati Rumah Penduduk yang Penuh Warna - pbs.twimg.com
Setelah puas menikmati kampung dari atas jembatan utama, Anda bisa masuk ke tempat wisata ini di pintu masuk. Tiket masuk ke sini tidak sampai Rp5.000. Pengelola memberlakukan tiket untuk keperluan perawatan dan penambahan fasilitas agar pengunjung bisa nyaman berada di sini.

Kampung Jodipan memiliki ratusan rumah yang oleh pengembang dicat warna-warni. Beberapa rumah bahkan menyediakan tempat untuk berfoto. Anda bisa berkeliling kampung perlahan-lahan agar tidak melewatkan tempat yang cocok untuk mengambil foto.

Oh ya, kampung Jodipan memiliki kontur medan yang tidak rata. Anda akan menemui banyak tangga dan jalan turunan yang cukup tajam. Usahakan berjalan perlahan agar tenaga tidak terkuras karena kampung ini sangat luas dan banyak spot menarik lain yang wajib Anda jelajahi.

3. Uji Nyali di Jembatan Kaca

Uji Nyali di Jembatan Kaca - cdn0-a.production.vidio.static6.com
Setelah setahun berjalan, Kampung Jodipan akhirnya memiliki jembatan yang menghubungkan sisi di sebelahnya atau Kampung Tridi. Sebelum ada jembatan, wisatawan harus menyeberang sungai yang cukup deras arusnya atau kembali naik ke atas untuk menyeberangi jembatan utama. Untuk sampai ke Jembatan utama, Anda harus naik banyak tangga dan itu sangat melelahkan.

Jembatan yang menghubungkan dua kampung ini diberi nama jembatan kaca. Bagian bawah jembatan yang dilalui oleh wisatawan menggunakan material kaca sehingga seperti melayang di udara. Anda yang mau menguji nyali bisa melewati jembatan ini perlahan-lahan hingga sampai di kampung seberang.

Dari jembatan kaca ini, Anda tidak disarankan untuk berhenti untuk berfoto-foto. Meski material penyusun jembatan dari bahan terbaik dan aman, Anda harus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya jangan menyeberang jembatan bersama banyak orang karena beban yang ditahan jembatan akan sangat besar sehingga kemungkinan bergoyang cukup tinggi.

Di dekat jembatan kaca ini ada jembatan kereta api. Saat kereta lewat akan ada sensasi seru sehingga Anda harus mencobanya.

4. Berfoto di Kampung Tridi

Berfoto di Kampung Tridi - cdn.brilio.net
Secara konsep, kampung Tridi hampir sama dengan Jodipan yang ada di seberangnya. Yang membedakan dua kampung ini adalah gambar yang adi tembok. Seperti namanya, kampung ini memiliki banyak gambar 3D yang dilukis pada tembok. Anda bisa berfoto di sini seolah-olah menyatu dengan gambar yang dibuat.

Kampung Tridi tidak memiliki tiket masuk. Anda bebas datang ke sini untuk berkeliling atau berfoto-foto sampai puas.

5. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner - wisatangehits.com
Kalau Anda lelah atau lapar, ada banyak tempat makan di dalam kampung. Anda bisa mencicipi aneka kuliner lokal seperti mi ayam, bakso, rujak, hingga camilan untuk mengganjal perut. Menu berat untuk makan siang pun tersediadi Restoran Inggil yang letaknya di seberang jalan, tepat di depan stasiun.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di Kampung Warna-Warni Jodipan. Selanjutnya kalau ingin perjalanan ke sini berjalan lancar simak tips singkat berikut ini.

  • Pilih kereta yang sampai di Malang pagi hari. Anda bisa memesan tiket kereta api malam agar bisa menjelajahi Jodipan saat pagi hari.
  • Menjelang siang udara di kampung ini cukup panas, bawa topi dan air mineral.
  • Menjelang sore kampung ini akan sangat ramai sehingga disarankan untuk menyelesaikan penjelajahan saat siang.
  • Kalau Anda tiba di Malang sore atau malam menginaplah di hotel dekat tempat wisata ini. Gunakan aplikasi Traveloka untuk mencari akomodasi terdekat yang bisa disewa.
  • Bawa memori kosong karena akan banyak tempat menarik yang menunggu untuk diabadikan.
  • Waspada dengan keramaian untuk menghindari barang hilang karena dicuri.

Demikian uraian tentang Kampung Warna-Warni Jodipan beserta tips saat mengunjunginya. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
IBX584537A9B2F08