Mengenal Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Setengah Lebih

9:44 pm
Bayi Usia 3 Bulan
Setiap pasangan suami istri tentu sangat bahagia ketika dikaruniai seorang anak atau bahkan anak kembar, terlebih lagi ketika bayi sudah mulai berumur 3 bulan lebih. Kenapa banyak pembahasan tentang perkembangan bayi usia 3 bulan setengah? Jawabannya adalah karena pada usia 3 bulan itulah banyak sekali perkembangan pada bayi. Seperti bayi mulai sadar dengan keadaan sekitarnya karena penglihatan matanya semakin jelas dan seharusnya bayi usia 3 bulan sudah memiliki jadwal tidur, bermain dan makan yang  teratur. Sehingga memungkinkan bagi ayah dan bundanya memiliki waktu beristirahat yang lebih lama dengan membuat giliran menjaga buah hatinya.

Tapi, perlu ayah dan bunda dan calon ayah bunda ketahui juga apa saja perkembangan bayi usia 3 bulan lebih. Karena bukan hanya sadar dengan keadaan sekitar saja perkembangannya, yang jelas masih banyak perkembangan lainnya baik dalam fisiknya, inderanya bahkan cara berkomunikasinya dengan orang-orang disekitarnya. Berikut penjelasan rincinya:

Perkembangan kemampuan motorik bayi

  • Reflek bawaan lahir bayi lambat laun mulai hilang pada umur 3 bulan seperti halnya reflek kaget yang sering diperlihatkan bayi pada beberapa bulan awal.
  • Tubuh bagian atasnya sudah bertambah kuat untuk menopang kepala dan dadanya dengan tangan ketika tengkurap, karena memang pada usia 3 bulan lah bayi mulai terbiasa guling kanan kiri sendiri. Bahkan kakinya pun sudah mulai bisa menjulurkan kaki dan menendang-nendang.
  • Otot-otot leher bayi semakin kuat dan bisa menopang kepalanya, walaupun terkadang masing terhuyung-huyung untuk menegakkan kepalanya.
  • Anggota tubuh yang mulai berkoordinasi pun dimulai ketika bayi umur 3 bulan, seperti menggerakkan tangan, membuka dan menutup telapak tangan serta tertarik dengan sesuatu yang baru dilihatnya.

Perkembangan indera bayi

  • Ketika bayi berumur 3 bulan indera pendengaran dan penglihatannya pun semakin sempurna. Sehingga ketika berumur 3 bulan bayi mulai menengok kanan dan kiri melihat sekelilingnya bahkan pada usia 3 bulan sebagian bayi sudah merespon dengan menengok dan tersenyum ketika dipanggil ayah dan bundanya.
  • Bayi yang sudah berumur 3 bulan masih tertarik untuk melihat benda-benda dengan warna yang terang dan mencolok.
  • Bayi berumur 3 bulan pun sudah sadar dengan orang-orang disektarnya walaupun belum tahu mana ayah dan bundanya tapi ketika Anda menatapnya bayi usia 3 bulan pasti akan menatap balik dengan wajah yang menggemaskannya.

Perkembangan komunikasi bayi

  • Ketika sudah berumur 3 bulan bayi mulai memperlihatkan kemampuan bersosialnya dengan tersenyum ketika senang serta menangis ketika takut dan sedih.
Nah itulah perkembangan bayi usia 3 bulan setengah lebih yang perlu ayah dan bunda ketahui, jika buah hati Anda tidak seperti yang dijelaskan sudah dipastikan buah hati Anda mengalami pertumbuhan yang lambat. Karena yang dijelaskan di atas adalah perkembangan normal bayi usia 3 bulan. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
IBX584537A9B2F08